Pelajar SMK Nurul Islam Dibekali Materi Soft Skill Oleh PT Smelting

 PT Smelting kembali mengadakan kelas Industri mengajar sebagai bagian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Kali ini kegiatan mengajar digelar di SMK Nurul Islam.

Seluruh pelajar SMK Nurul Islam sangat antusias di dalam mengikuti Program Industri mengajar ini. Mereka tertarik dengan materi yang disampaikan oleh karyawan  PT Smelting.

Beberapa materi, diantaranya: Public Speaking, Budaya Kerja (5S & K3) dan eknik Interview Dunia Kerja.

Bapak Saptohadi Prayetno, Senior Manager GA PT Smelting menjelaskan, program industri mengajar ini dibawa oleh karyawan lintas departemen untuk membagi pengalaman di dunia industri kepada siswa, terutama pendidikan soft skill bagi para pelajar sebelum masuk ke lapangan pekerjaan.

Kegiatan ini diikuti  sebanyak 30 siswa. Jumlah siswa yang tidak begitu banyak tidak menyurutkan antusiasme siswa untuk mengikuti kegiatan ini. Banyak siswa kami yang aktif menjawab dan bertanya kepada pemateri. Hal nya seperti disampaikan oleh Bapak Indra SW Junor mengulas seputar bagaimana tampil berbicara di depan publik dengan tenang dan meyakinkan. Memang hal itu membutuhkan keberanian sekaligus pemahaman tentang public speaking. “Kuncinya adalah keyakinan bahwa kita bisa menguasai materi dan situasi yang kita hadapi,”kata Indra SW Junor yang sehari-harinya menjabat Section Manager GA PT Smelting.

Hal senada disampaikan juga oleh Ibu Rachmayani yang mengulas tentang teknik interview. Menurutnya saat ini HRD perusahaan akan melihat latarbelakang calon pelamar melalui akun media sosial yang dimiliki.

“Kemudian baru dalam wawancara juga butuh persiapan dan tidak ragu-ragu saat menjawab pertanyaan penanya dari HRD,” ujar Rachmayani.

Di akhir kegiatan, para siswa kami beberapa kali menanyakan materi yang disampaikan pemateri. Atas penyampaian ini. Kami para guru mengucapkan terimakasih kepada PT Smelting. Sebab,  dengan adanya industri mengajar ini, para siswa mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang baru.











Diberdayakan oleh Blogger.